jump to navigation

Resume Pend. IPA SD Chapter 3 “Inkuiri untuk Semua Anak” November 10, 2011

Posted by bugurusiti in Pend. IPA SD, Pendidikan, UPY.
Tags: , , , ,
trackback

Yang menjadi pusat konsep chapter 3 ini adalah sebagai berikut:

  • ilmu untuk semua terlepas dari perbedaan budaya, jenis kelamin bahasa, gaya belajar, atau exceptionality
  • semua anak dapat belajar dan mengambil manfaat dari ilmu pengetahuan jika diajarkan dengan cara yang konsisten dengan kemampuan mereka
  • orang tua dapat membantu guru memenuhi kebutuhan khusus anak-anak

Ilmu Untuk Semua Anak

Ilmu untuk semua anak artinya ilmu pengetahuan adalah penting untuk:

  • mengembangkan keterampilan dasar
  • menjembatani perbedaan budaya
  • membangun atau memperkuat bahasa
  • mengatasi stereotip jender
  • mengakomodasi kecerdasan ganda dan pembelajaran (gaya) preferensi

Beberapa Diantara Budaya Anak

Beberapa perbedaan masing-masing adalah adalah:

  • ras
  • agama
  • etnis
  • ekonomi
  • bahasa
  • jenis kelamin

NSTA (2000) Menyatakan Perbedaan Budaya harus Memposisikan:

  • Menyediakan program-program yang memelihara semua anak akademis, fisik, dan pengembangan konsep diri positif.
  • Menyediakan akses yang adil bagi anak-anak dari semua budaya untuk pengalaman kualitas pendidikan sains.
  • Memasukkan kontribusi dalam kurikulum yang dibuat untuk ilmu dari banyak kebudayaan.
  • Tahu dan menggunakan cara-cara kultural terkait mengajar dan belajar.
  • Libatkan semua anak di peluang karir.
  • Menghormati perbedaan yang didasarkan pada budaya siswa .

Yang harus dilakukan untuk Perbedaan Bahasa

  • coba model pembelajaran”Menunjukkan – Selidiki Grup  –   Selidiki individu”
  • instruksi dan tugas fokus pada “fungsi bahasa “
  • mendorong penggunaan alat bantu belajar untuk membantu siswa
  • merangsang pembelajaran fisik
  • mengurangi kecemasan uji

Yang harus kita lakukan untuk mengatasi jenis kelamin/kesetaraan genjer:
– Pengelompokan – harapan – model peran
– Persiapan kuat – menyadari bias

Gaya Belajar
Gaya pembelajar dapat diklasifikasikan sebagai:
visual – “menunjukkan padaku!”
• pendengaran – “katakan padaku!”
• tubuh kinestetik – “biarkan aku melakukannya!”
• lisan ekspresif – “biarkan aku memberitahu Anda!”
• ditulis ekspresif – “Aku akan menulis untuk Anda!”
• berurutan – “langkah-demi-langkah!”
• global – “Aku punya ide besar!”
• peserta secara individual – “biarkan aku melakukannya sendiri!”
• kelompok pelajar – “mari kita lakukan!”

Tips untuk Pengajaran
Membantu Semua Siswa
Pendekatan setiap topik dalam berbagai cara

• memberikan kesempatan berlimpah untuk hands-on pengalaman dan gunakan untukmerangsang penyelidikan

• dukungan kosakata dan pengembangan membaca

Tips untuk Pengajaran

• diorganisir dan secara aktif mengawasi
• menggunakan sistem teman lintas-budaya dan kelompok koperasi
• menggunakan alat bantu visual dan mendengarkan

• mempertahankan harapan tinggi untuk semua

Pembelajar Luar Biasa

Sertakan anak-anak yang memiliki:
• Belajar Cacat
• Cacat Intelektual
• Cacat Fisik
• Talenta dan / atau Intelektual Hadiah

Guru memberikan saran untuk beradaptasi: lingkungan kelas, materi, metode pengajaran, penilaian

Mendorong orang tua untuk Membantu Anak-anak Belajar Ilmu
Sains adalah penting karena mereka yang memiliki latar belakang dalam ilmu biasanya yang mengalami akan lebih besar dalam:
• kesempatan kerja
• penghasilan
• kemajuan karir
• kualitas hidup
• belajar seumur hidup

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: