jump to navigation

Resume Pend. IPA SD Chapter 1 “Apakah itu Sains?” November 10, 2011

Posted by bugurusiti in Pend. IPA SD, Pendidikan, UPY.
Tags: , , ,
trackback

Persepsi Anak mengenai ilmuwan

“Para ilmuwan …

… laki-laki kulit putih berusia pertengahan yang mengenakan jas lab dan kacamata. Ciri khas wajah mereka adalah indikasi dari perilaku mereka pada umumnya aneh. Mereka bekerja di dalam ruangan, sendirian, mungkin di bawah tanah, dikelilingi oleh tabung uji  dan bagian lain dari teknologi. Udara tertutup dan bahaya mengelilingi pekerjaan mereka. “

Efektif Belajar Mengajar

Faktor kunci keefektifan belajar mengajar, menurut guru untuk membantu semua siswa :

isi/muatan yang signifikan dan berharga (berbasis standar).
Keterlibatan siswa di dalam dengan interaksi suatu tujuan.
Lingkungan Belajar – konduktif, kesempatan belajar menghormati, dan ketat
Akses bagi semua peserta didik  dengan menyesuaikan instruksi.
• Terampil menggunakan pertanyaan untuk meningkatkan konseptualisasi.
Membantu siswa untuk memahami pengalaman mereka dengan membuat koneksi intelektual antara gagasan sains yang penting.

IPA………

  • Apakah membangun manusia dan aktivitas manusia.
    • Apakah terikat oleh sejarah.
    • Perubahan dari waktu ke waktu.
    • Apakah teori-teori  didasarkan pada bukti empiris.
    • Memiliki dasar pengetahuan yang tidak mutlak.
    • Memiliki metode yang berubah dari waktu ke  waktu.
    • Penawaran dalam abstraksi dan cita-cita.
    • Memiliki agenda penelitian yang dipengaruhi oleh kepentingan sosial dan kebijakan.
    • Untuk dipelajari, memerlukan perhatian dan keterlibatan intelektual.

Apa itu IPA?

IPA adalah sebuah konsep yang dibangun dari pemikiran dan tindakan manusia. Manusia didorong oleh rasa ingin tahu dan kebutuhan untuk tahu. Jalan yang membantu kita untuk membuat penemuan-penemuan ilmu pengetahuan.

IPA merupakan keterkaitan tiga faktor :  sikap, proses, dan pengetahuan.

Sikap
• sikap emosional timbul dari keingintahuan alami.
• sikap intelektual timbul dari pengalaman belajar yang positif dan membutuhkan kemajuan dalam perkembangan mental.
• Lihat Tabel 1.1

Sikap Ilmiah

  • Keingintahuan
  • Sebuah pendekatan positif terhadap kegagalan
  • Membuka pikiran
  • Skeptisisme, sebuah keinginan untuk ditampilkan atau memiliki sudut pandang alternatif terbukti
  • Menghindari generalisasi yang luas ketika bukti terbatas

Proses Ilmiah

Proses Ilmiah meliputi Keterampilan Dasar seperti:

• Mengamati
• Klasifikasi
• Mengukur

Proses Ilmiah meliputi Keterampilan Terintegrasi seperti:
• hipotesa
• Percobaan
• Investigasi
IPA meliputi:

  • • Fakta
    • Konsep
    • Prinsip
    • TeoriKeutuhan Ilmu
    Formula dari Standar Nasional Pendidikan Sains:
    Ilmu Utuh                = Sikap + Proses + Pengetahuan

Tujuan Standar dan  Riset Berbasis Reformasi

  • Melibatkan dan membimbing peserta didik dengan isi/muatan  yang bermakna
  • Berbagi tanggung jawab untuk belajar dengan anak-anak
  • Menyesuaikan kurikulum untuk belajar otentik
  • Menilai kemajuan dalam beberapa cara
  • Menjaga lingkungan ilmu yang aman
  • Gunakan pertanyaan untuk merangsang, memotivasi dan mempertahankan
  • Dukungan belajar bagi semua anak

Kesimpulan

  • Persepsi anak mengenai ilmu pengetahuan bervariasi dan sering tidak akurat
  • Perbaikan yang cukup dalam pencapaian ilmu pengetahuan telah dibuat selama dekade terakhir, namun kondisi saat ini dan mayoritas praktek pengajaran terbatas pada keuntungan prestasi bagi perempuan dan kelompok minoritas
  • Ilmu adalah usaha manusia yang dinamis, bukan bangunan statis
  • Elemen penting harus dimasukkan dalam pelajaran untuk mengajar dan belajar  yang efektif
  • Seperti yang didefinisikan, ilmu pengetahuan terdiri dari tiga komponen yang saling terkait – Sikap, Proses dan Pengetahuan
  • “Keutuhan ilmu” merupakan keterkaitan dari ketiga komponen tersebut menurut advokasi Standar Nasional Pendidikan Sains , kajian ilmiah bagi semua peserta didik melalui filsafat ilmu pengetahuan secara keseluruhan dan pendekatan pengajaran.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: