jump to navigation

Ringkasan Pendidikan IPA SD Chapter 7 “Mempertanyakan untuk Inquiri” November 9, 2011

Posted by bugurusiti in Pend. IPA SD, Pendidikan, UPY.
Tags: , , , , ,
trackback

Pada chapter 7 ini pusat konsepnya adalah:

  1. Mempertanyakan merangsang dan panduan penyelidikan
  2. Guru menggunakan berbagai jenis pertanyaan untuk mencapai efek tertentu
  3. Pertanyaan dan teknik bertanya mempengaruhi pencapaian ilmu pengetahuan peserta didik, sikap dan keterampilan berpikir
  4. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengajar, kontrol, dan mengevaluasi pembelajaran sains
  5. Pertanyaan tingkat rendah dan tinggi membawa dampak yang berbeda, keduanya penting
  6. Guru dapat meningkatkan pemodelan dengan menggunakan pertanyaan siswa

Setelah membaca chapter ini kita bisa menjawab pertanyaan sebagai berikut:

  1.  Apa jenis pertanyaan guru dan apa jenis jawaban apa yang mereka butuhkan?
  2. Mengapa guru menggunakan pertanyaan?
  3. Bagaimana pertanyaan mempengaruhi siswa?
  4. Bagaimana ‘pertanyaan guru dan jawaban siswa  bisa saling terkait?
  5. Apa itu ” waktu tunggu” dan mengapa itu penting untuk mengajar ilmu pengetahuan?
  6. Apa jenis pertanyaan yang ditemukan dalam teks-teks dan tes ilmu pengetahuan?

Mengapa Guru Gunakan Pertanyaan?

  1. untuk memotivasi dan untuk kepentingan siswa
  2. untuk mengungkapkan sebelumnya (mis) konsepsi-konsepsi dan untuk mengevaluasi
  3. untuk membimbing pemikiran
  4. untuk mendisiplinkan, mengelola atau mengendalikan
  5. untuk memberikan isyarat mendengarkan
  6. untuk mendiagnosa, kelemahan kekuatan
  7. untuk menghubungkan konsep-konsep
  8. untuk meringkas

Pertanyaan yang Bagaimana yang Mempengaruhi Siswa?

  1. bentuk sikap terhadap subjek, tingkat pemikiran, dan tingkat pencapaian
  2.  merangsang tingkat tinggi dan berpikir divergen
  3.  meningkatkan prestasi jika tingkat tinggi pertanyaan yang disertai dengan menunggu waktu, pengalihan, dan menyelidik
  4.  menghasilkan pikiran bertanya

Bagaimana Guru Menggunakan Pertanyaan Untuk Melibatkan Semua Siswa?

  1. beradaptasi terhadap keragaman siswa instruksi
  2. mendorong keterlibatan yang lebih besar berprestasi rendah
  3. memulai kontak dan memberikan umpan balik siswa

Apa itu “Waktu Tunggu” dan Mengapa Penting?

Waktu Tunggu ada 2 yaitu:
WT # 1 – panjang waktu guru menunggu setelah mengajukan pertanyaan sebelum melanjutkan
WT # 2 – panjang waktu guru menunggu setelah menerima jawaban sebelum melanjutkan rata-rata kurang dari 1 detik (dalam keadaan apa ini cukup?)
direkomendasikan rata-rata WT adalah 3 sampai 5 detik.
dapat mengharapkan perbaikan dalam kuantitas dan kualitas partisipasi siswa

 Apa Jenis Pertanyaan yang Digunakan dalam  Kebanyakan Sains Buku dan Tes?
Menurut fakta dalam buku-buku pertanyaan tingkat rendah. Sekitar 95% dari pertanyaan tes berada di Pengetahuan Bloom dan tingkat Pemahaman sehingga perlu direkomendasikan bahwa teks-teks tersebut harus beradaptasi atau suplemen yang diperlukan.

Apa Kunci Mempertanyakan Efektif?

  1. Rencanakan pertanyaan khusus sebagai panduan
  2. mengajukan pertanyaan sederhana, ringkas dan langsung
  3. bertanya, kemudian pilih responden
  4. menggunakan waktu tunggu dan menjelaskannya kepada siswa
  5. mendengarkan tanggapan menentukan apakah tingkat kecocokan pertanyaan itu
  6. merangsang rasa penasaran untuk berfikir
  7.  bicara kurang dan meminta lebih
  8. mendorong jawaban yang lengkap dan kompleks
  9. jenis pertanyaan Anda  bervariasi  untuk mendorong semua siswa
  10. merangsang keterampilan proses dasar, usia 5 sampai 10
  11. merangsang keterampilan proses yang terintegrasi, usia 11 dan seterusnya

Mengapa menggunakan Pertanyaan Anak?

  1. untuk mendapatkan wawasan tentang kepentingan mereka
  2. untuk memahami pembentukankonsep mereka
  3. untuk membantu mereka menetapkan harapan yang realistis
  4. untuk membantu mereka membentuk kebiasaan mental refleksi

Bagaimana Cara Merangsang Pertanyaan anak-anak?

  1. menggunakan bahan-bahan yang menarik dan mendorong pengalaman langsung
  2. Model kemampuan mengajukan pertanyaan yang baik
  3. pertanyaan digunakan untuk membangun koneksi antara pikiran
  4. mengembangkan suasana kepercayaan dan mendorong pertanyaan produktif
  5. memasukkan pertanyaan-pertanyaan mereka pada tes dan dalam tugas

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: