jump to navigation

Resume Pend. IPA SD Chapter 6 “Inquiri untuk Membaca dan Menulis Ilmiah” November 9, 2011

Posted by bugurusiti in Pend. IPA SD, Pendidikan, UPY.
Tags: , , , ,
trackback

Yang Menjadi Pusat Konsep Dalam Chapter 6 ini adalah sebagai berikut:

  • Ilmu pengetahuan fundamental dan sikapnya, proses dan pengetahuan akan membentuk fondasi membaca dan menulis
  • Permintaan adalah cara untuk mencari tahu dan menemukan apa yang dibangun
  • Beberapa metode mengajar Inquiri  mendorong peserta didik untuk membangunpemahaman (penemuan) dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis, tetapi dengan cara yang berbeda.

 

Apakah Bahan Ilmiah ?

 Menurut Dewan Riset Nasional, membaca dan menulis berarti:

  • seseorang dapat meminta dan menentukan jawaban atas pertanyaan yang dirangsang oleh rasa ingin tahu
  • kemampuan untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memprediksi fenomena alam
  • kemampuan untuk membaca dan memahami artikel ilmiah dalam pers yang populer dan membicarakan tentang validitas kesimpulan
  • seseorang dapat mengidentifikasi isu-isu ilmiah dan mengekspresikan posisi yang mendasari keputusan nasional dan lokal
  • seseorang dapat mengevaluasi kualitas informasi ilmiah dari sumber-sumber dan metode
  • kapasitas untuk berpose dan mengevaluasi argumen berdasarkan bukti dan kesimpulan

Sikap Ilmu Pengetahuan

 

 Sikap  mental membaca dan menulis ilmiah merangsang  proses:

  • meningkatkan kreativitas
  • mendorong menulis kreatif
  • memberikan dasar untuk kebiasaan kesehatan yang baik
  • membantu untuk mengembangkan keterampilan matematika
  • memberikan pengalaman yang dapat menjadi inspirasi untuk seni dan musik
  • membantu untuk mengembangkan studi membaca dan ketrampilan sosial
  • mengembangkan harga diri

 

Ilmu  Proses dan Pengetahuan


  • Pengetahuan ilmiah adalah sarana untuk mencapai tujuan
  • Pengetahuan mengarah ke pilihan konsumen berpikir dan perilaku yang bertanggung jawab
  •  Keterampilan proses adalah alat untuk membangun kemampuan membaca dan menulis
  •  Keterampilan membantu untuk mengidentifikasi, mengeksplorasi dan memecahkan masalah.



Apakah  Inquiri dan Permintaan(Inquiri/discovery) ?
  • Kemampuan Membaca dan Menulis  Ilmiah mendukung penyelidikan dan penemuan.
  • Inquiri adalah proses untuk mencari tahu, cara membuat penemuan
  • Discovery adalah apa yang ditemukan, apa yang peserta didik membangun dalampikiran mereka

 

Metode Inquiri Mebantu  Guru Untuk :

 

  • Merangsang wacana produktif di antara anak-anak.
  • Tantangan anak-anak untuk menerima dan berbagi tanggung jawab untuk belajar.
  • Mengidentifikasi dan mendukung keragaman.
  • Mendorong semua anak untuk berpartisipasi sepenuhnya dalam belajar sains.
  • Mendorong dan model keterampilan membaca dan menulis.
  • Mendorong dan model sikap produktif.
  •  Fokus dan mendukung proses berpikir membaca dan menulis.

Siklus Pembelajaran ilmu pengetahuan

 

  • dibangun di atas sebuah sintesis dari teori-teori belajar
  • adalah cara perencanaan dan pengajaran yang konsisten dengan bagaimana anak-anak membangun pemahaman mereka

Siklus Pembelajaran Ilmu Pengetahuan

1. Eksplorasi

  • Apa pertanyaan sentral pelajaran dan para siswa akan mengeksplorasi konsep yang tepat?
  • Bagaimana anak-anak menjadi terlibat dalam penyelidikan?
    Bagaimana mempertanyakan digunakan untuk terlibat dan mendukung?
    Kegiatan apa yang harus anak-anak lakukan untuk menjadi akrab dengan konsep tersebut?
    Apa jenis pengamatan dan catatan anak-anak harus tetap?
    Apa jenis instruksi akan anak-anak butuhkan? Bagaimana Anda akan memberikan petunjuk tanpa memberitahu konsep?

2.    Penjelasan

  • Apa jenis informasi atau temuan yang kira-kira harus anak-anak katakan?
  • Bagaimana anda dapat membantu siswa membantu meringkas temuan mereka?
  • Bagaimana Anda bisa membimbing siswa dan menahan diri dari mengatakan kepada mereka apa yang harus mereka mereka temukan, bahkan jika pemahaman mereka tidak lengkap?
  • Apakah konsep “label” seharusnya anak-anak menemukan?
  • Bagaimana Anda akan menggunakan starter kalimat untuk membantu anak-anak membentuk definisi operasional konsep tersebut?
  • Mengapa konsep penting?

3.    Ekspansi

  • Bagaimana Anda bisa terhubung dengan pengalaman sebelumnya anak-anak?
  • Bagaimana konsep berhubungan dengan tujuan ilmu program?
  • Pertanyaan apa yang dapat digunakan untuk mendorong penemuan pentingnya konsepitu?
  • Bagaimana Anda menghubungkan pelajaran untuk dimensi konten baru yang disediakan oleh standar ilmu pengetahuan?
  • Apa pengalaman-pengalaman baru akan membantu untuk menerapkan atau memperluaskonsep?
  • Apa konsep berikutnya berhubungan dengan yang sekarang?

 4. Evaluasi

  • Apakah hasil pembelajaran yang tepat yang Anda harapkan?
  • Apa jenis  teknik evaluasi yang dapat anak-anak lakukan untuk menunjukkan keterampilan proses dasar?
    Teknik apa yang cocok untuk anak-anak untuk menunjukkan keterampilan proses yang terintegrasi?
    Bagaimana gambar dapat membantu anak-anak untuk menunjukkan seberapa baik mereka bisa berpikir melalui masalah?
    Apa jenis pertanyaan ini akan membantu anak-anak untuk merefleksikan apa yang telah mereka  menemukan?

Metode Pengajaran Ilmiah

Step 1: Siswa menyimpulkan bahwa percobaan akan memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan ilmu  pengetahuan atau dilema.

Step 2: Fokus pertanyaan untuk mencari jawaban ilmu pengetahuan yang spesifik

Step 3: Tebak jawaban dan menggunakan referensi untuk mengetahui apakah jawabannya sudah diketahui

Step 4: Gunakan pertanyaan panduan untuk mengetahui jawabannya pada Langkah 2

Step 5: Mintalah siswa menerapkan apa yang mereka pelajari dari percobaan; menggunakan kesimpulan dalam cara praktis

Inquiri Suchman.

  •  untuk membantu anak membangun solusi dan penjelasan
  • didasarkan pada peristiwa berbeda
  • berpusat pada siswa, siswa mengajukan pertanyaan
  • hanya bergantung pada suatu pertanyaan konvergen yang dapat dijawab dengan Ya atau Tidak

 

Inquiri Suchman (lanjutan)

fase:

1. menyajikan acara berbeda
2. siswa memverifikasi fakta dan mengumpulkan informasi melalui pertanyaan
3. investigasi dan penelitian siswa
4. diskusi yang dibimbing guru untuk mengembangkan solusi atau penjelasan terbaik

 

Kapan Menggunakan Demonstrasi ?

  • untuk menghindari menempatkan anak dalam bahaya
  •  untuk model keterampilan yang tepat dan keselamatan
  •  untuk fokus kelas pada peristiwa penting
  •  untuk mengatasi kekurangan peralatan
  • untuk membangkitkan minat, pertanyaan penting atau untuk menunjukkan masalah belajar
  •  untuk membantu memecahkan masalah akademik
  •  untuk mendorong peserta didik lambat dan menantang peserta didik yang cepat

 

Apa guna demonstrasi bagi anak?

  • untuk mengenali usaha dan orisinalitas
  •  untuk membantu anak lain memahami
  •  untuk meningkatkan atau mengembangkan keterampilan komunikasi
  •  untuk membangun kepercayaan diri

 

Tips untuk Demonstrasi yang Efektif :

  1. jelas tujuan, spesifik
  2. perencanaan yang cermat dan praktek
  3. melibatkan anak-anak bila mungkin
  4. menggunakan pertanyaan untuk mendukung demonstrasi
  5. ulangi untuk memusatkan perhatian
  6. tetap terlihat
  7. penggunaan sederhana, bahan akrab
  8. menggunakan kualitas, bukan kuantitas

 

Ilmu Pengetahuan Bermain
1. Mendukung penyelidikan terbuka
2. Menyediakan  situasi alami
3. Menawarkan tempat  untuk penemuan terjadi
4. Dapat mempromosikan penghormatan terhadap makhluk hidup
5. Merayakan heran
6. Meningkatkan pembangunan sosial

 

Enam Tahapan

  1. Anak memilih eksperimen dari yang diusulkan oleh guru.
  2.  Anak mengulangi percobaan dengan variasi sendiri.
  3.  Anak menguraikan.
  4.  Dorong anak untuk memulai eksperimen sendiri.
  5. Berkomunikasi dengan orang tua dan mengulangi percobaan.
  6.  Melakukan percobaan baru; memulai siklus baru.

 

Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Mengembangkan “pertanyaan mengemudi” untuk fokus.
  •  Melibatkan anak-anak dalam penyelidikan.
  •  Kumpulkan dan ciptakan artefak.
  •  berkolaborasi
  •  Pelajari untuk menggunakan alat teknologi.

 

Inkuiri Grup Kooperatif 

  • Prinsip Investigasi mengelola kelompok dan cek penugasan
  •  Bahan Manajer mengumpulkan dan mendistribusikan semua peralatan
  •  Perekam mengumpulkan semua informasi yang diperlukan
  •  Reporter mengkomunikasikan temuan kelompok
  •  Direktur Pemeliharaan mengarahkan upaya membersihkan kelompok

 

Kesuksesan Guru Inkuiri 

 

  • model ilmuwan, sikap dan proses
  •  kreatif
  •  fleksibel
  •  menggunakan strategi bertanya yang efektif
  •  fokus pada upaya mempersiapkan anak-anak untuk berpikir



Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: